Kegiatan yang bisa mengobati kecemasan

Kegiatan yang bisa mengobati kecemasan

Tentang Kecemasan

Kecemasan bisa menimpa siapa saja di berbagai kondisi. Seperti contohnya kemarin di masa pandemi covid-19 dimana terdapat peningkatan jumlah orang yang mengalami kecemasan bahkan tak sedikit ada yang mengalami kecemasan akut. Tidak hanya di situasi tersebut, kecemasan seakan terus mengikuti setiap waktu di kehidupan manusia. Pengumuman kelulusan, wawancara kerja, pengumuman penerimaan karyawan, hamil, melahirkan, mempunyai anak kecil pasti akan membuat siapapun yang mengalaminya merasakan cemas. Walaupun tidak setiap hari dan tidak berbahaya namun rasa cemas tentu cukup membantu pikiran dan mental.

Tahukah kamu jika kecemasan ini termasuk masalah kesehatan mental dan merupakan respon alami tubuh terhadap stres. Perasaan takut atau khawatir ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari genetika, pengaruh kimia otak sampai lingkungan. Orang yang mengalami kecemasan akan mengalami gejala berupa gelisah, sulit berkonsentrasi, denyut jantung berdetak kencang, dan nafas menjadi lebih cepat. Kecemasan terutama yang akut bisa diatasi dengan terapi perilaku kognitif.

Namun ada cara yang lebih mudah yaitu melakukan kegiatan berikut untuk mengatasi kecemasan.

1. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik saja namun juga baik untuk kesehatan mental. Dengan berolahraga secara teratur, menurut penelitian ini dapat mengurangi gejala kecemasan. Alasannya karena olahraga dapat mengalihkan perhatian  dari semua hal yang membuat diri kamu cemas. Selain itu, detak jantung juga akan meningkat saat berolahraga  yang membuat kismis otak akan berubah sehingga menciptakan lebih banyak ruang untuk neurokimia anti kecemasan.

Rutin berolahraga juga dapat meningkatkan konsentrasi dan kemauan. Apabila kamu ingin meningkatkan detak jantung maka lakukanlah latihan interval intensitas tinggi. Jika ingin yang lebih ringan namun memberi dampak sedikit menenangkan lakukanlah yoga atau pilates. Itu semua sangat bermanfaat untuk kesehatan mental.

2. Menghindari alkohol

Sebagian orang akan lari ke alkohol saat dirinya merasa takut, khawatir, atau stres. Memang benar jika alkohol akan mengurangi perasaan tersebut, tetapi ingat itu hanya awal saja dan sifatnya sementara sedangkan ke depannya nanti akan berbahaya.

Berdasarkan hasil penelitian ada hubungan antara kecemasan dan konsumsi alkohol. Saat seseorang mengurangi konsumsinya maka gangguan kecemasan dan depresi juga akan menurun terlebih jika menghindari alkohol. Sebab, minum alkohol apalagi jika berlebihan akan mengganggu keseimbangan neurotransmiter yang bertanggungjawab untuk menjaga kesehatan mental tetap positif.  Selain itu, konsumsi alkohol juga terbukti mengganggu kualitas tidur. Padahal tidur nyenyak di malam hari sangatlah membantu untuk memerangi kecemasan yang ada pada diri kamu.

3. Menulis

Menulis entah apa saja bisa itu diary, artikel berita, cerpen, sampai cerita webtoon dapat bermanfaat bagi kesehatan mental. Mengekspresikan rasa takut atau khawatir dalam sebuah tulisan akan membuatnya seperti terkelola dengan baik sehingga perlahan akan menghilang kecemasan tersebut. Ini surah dibuktikan dalam penelitian dimana menulis dapat membuat anak,remaja, sampai dewasa  menjadi kreatif serta meningkatkan kemampuan mengelola kecemasan dengan lebih baik.

4. Bermeditasi

Meditasi mampu membantumu tenang karena berhasil mengurangi pikiran yang berkecambuk. Ini juga mampu menoleransi semua pikiran dan perasaan dengan penuh perhatian sehingga mempermudah mengelola stres dan kecemasan.

Ada beberapa jenis meditasi yang populer diantaranya meditasi berbasis kesadaran, rohani, terfokus, gerakan, transendental, progresif, cinta kasih, dan visualisasi.

Meditasi berbasis kesadaran saat ini  semakin populer dalam terapi. Tidak mengherankan sebab meditasi ini terbukti dapat sangat efektif bagi orang yang memiliki gangguan kecemasan dan suasana hati. Cara melakukan meditasi mindfulness atau kesadaran sangat mudah dengan menutup mata, bernapas dalam-dalam, dan memperhatikan pikiran.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa membantu mengobati kecemasan yang sedang kamu alami sekarang.

 

Author Image
Edward Murphy